Mei 21, 2011

Hal yang harus di perhatikan dalam menggunakan Pliers/Tang


Assalammualaikum 

Teman-teman kita diskusi dan sharing tentang pliers/tang yuks..

Plier atau tang adalah alat yang saya anggap sangat penting dalam mengerjakan project membuat perhiasan dan aksesoris. Jika teman2 memutuskan untuk mencoba membuat aksesoris sendiri atau bahkan berkecimpung di dunia design mendesign aksesoris dan perhiasan, teman2 harus memutuskan tuk mempunyai pliers/tang. hmmm...beberapa tahun lalu bahkan saya tidak membayangkan akan bekerja dengan alat bernama 'tang' ini.

Dahulu yang saya tahu hanyalah, tang itu bernama 'gegep'... dengan pegangan berwarana merah...berat bukan kepalang...suka di pakai tuk mencabut paku yang menancap di tembok atau kayu.yang pasti, saya nggak pernah pakai itu sebelumnya.

semenjak saya berkecimpung di dunia per-manik2an ini...saya baru benar2 kenal dengan yang namanya tang...tahu bahwa tang itu punya banyak jenis,ukuran dan fungsi masing2.tang adalah alat dengan jenis dan fungsi khusus, nggak bisa kita pakai 1 tang tuk semua pekerjaan.seperti tang untuk meluruskan kawat tidak mungkin kita gunakan untuk membantu kita membuat loop.intinya, tuk memulai sebuah project manik kira2 kita butuh sedikitnya 3 buah tang seperti yang pernah saya tulis di sini.

Setelah kita mendapatkan tang yang kita butuhkan kita juga wajib memperhatikan hal2 yang penting tentang tang tsb. kenapa dan buat apa? sebagai pengrajin aksesoris, tang bukan lah sekedar alat buat saya. Dia adalah sahabat dan senjata terbaik saya. jika kita adalah prajurit perang..tang adalah senjata yang wajib kita bawa.jika dia adalah senjata anda, berarti hidup kita bergantung pada kehebatan 'tang' tsb, dalam menghadapi segala keadaan dan musuh di depan.sebagai senjata tentu saja tang juga punya kesempatan tuk melukai kita. bisa di bayangkan jika senjata kita dalam kondisi yang tidak baik, tumpul atau berkarat. dia bukan hanya akan menyulitkan kita, bahkan punya peluang untuk melukai kita.

Untuk itu saya ingin sedikit share dengan teman2, terutama yang baru ingin belajar membuat aksesoris dan berteman dengan tang ini.

Hal2 yang harus kita perhatikan ketika menggunakan tang dalam project membuat aksesoris atau perhiasan

1. Pilih alat/ tang yang sesuai dengan pekerjaan yang akan kita lakukan.agar hasil pekerjaan kita maksimal dan menghindarkan kita dari cedera.(contoh : jangan gunakan tang cutter untuk membuka ring, gunakan tang datar dan round nose pliers secara bersamaan di kedua tangan kita)

2. Gunakan peralatan dengan kulaitas yang baik. biasakan memeriksa pertalatan anda secara regular. Guna menghindarkan kerusakan pada project aksesoris yang akan kita buat dan cedera yang dapat di timbulkan ketika kita mengunakan alat tsb.pilihan tergantung pada teman-teman mau menggunakan tang dengan merek terbaik dan harga terbaik atau mau mencoba tuk memulai project dengan tang yang mempunyai harga bersahabat.Semua pastinya ada nilai plus dan minusnya. karena menurut saya hal yang paling penting adalah keinginan untuk mencoba dan bereksperimen.

3. Rawat lah perlatan anda, beri minyak pada tang dan pemotong kawat agar terhindar dari karat, asah mata pemotong tang agar tetap tajam ketika di gunakan.asah dengan alat pengasah khusus.Pastikan anda melakukannya dengan ketelitian agar terhindar dari cedera.

4. Jangan pernah posisikan jari2 kita di antara grip dan pastikan posisi pergelangan tangan kita dalam posisi lurus pada saat mengunakan dan memegang tang. Hal ini penting untuk di catat, guna mengindari cedera.
ketika menggunakan tang pastikan kita memegang pegangan tang dengan baik, posisi pegangan juga bisa mempengaruhi hasil jadi. (conto : seperti ketika kita membuat peniti kerudung. banyak murid di BLKI dan teman yang email saya yang menceritakan pengalaman sulitnya membuat lingkaran peniti dengan round nose pliers. pengalaman saya membuat peniti, posisi tang sangat menentukan hasil jadi lingkaran yang kita bentuk di peniti dengan round nose pliers.posisikan tang sesuai petunjuk agar kita dapat mendapatkan hasil yang maksimal lihat di sini )

5. Hindari tang anda dari kondisi cuaca yang ekstrim. Hal ini sangat berguna dalam menjaga kondisi peralatan kita agar tetap dalam kondisi baik dan terhindar dari kerusakan dan korosi. hal ini terlihat sepele, tapi percaya deh teman2 jika kita menaruh tang di tempat sembarang dan di diamkan dalam kondisi cukup lama di ruang terbuka bisa sangat berpengaruh pada kondisi tang kita nantinya.untuk menghindari nya, sediakan tempat khusus penyimpanan tang.saran saya tempat plastik dengan seal karet yang kencang atau sejenisnya bisa menjadi tempat alternatif yang cukup baik sebagai tempat penyimpanan.agar tang berada dalam kondisi tetap kering

6. Ganti peralatan yang rusak atau terdapat korosi. karena jika kita tidak menggantinya, hal tsb bisa mendatangkan cedera dan bahkan membuat project aksesoris kita tidak terselesaikan maksimal.

Mudah2an tulisan saya kali ini bisa menajdi informasi yang positif sebelum teman2 memulai sebuah project membuat aksesoris sendiri.

Semoga berguna bagi teman-teman…. Dan selamat bermain2 dengan tang : )

ps : please post a comment for our feedback .. thank u : )

2 komentar:

  1. bener nih Wie, tang ku beberapa udah acakadut pegangannya, melorot gitu
    emang kemarin belinya yg murmer aja satu set, buat latihan.
    harus invest lagi buat tang set yg rada bagusan nih. oya juga buat ngeluruskan kawat, kan ada tank khusus apa gitu ya, yg dilapisi plastik atau fiber gitu,
    kemairn ada tips, tank dilapisi selotip kertas. aku lakukan, ternyata setelah dipakai, malah selotipnya mmberudul dan lengket semua.
    kemarin dapat tips lagi, tanknya dilapisi selang pipa kecil yg transparan. nah itu kayaknya lebih oke.

    BalasHapus
  2. tang pelurus kawat namanya nylon jaws plier mba. harga tang pelurus kawat memang lebih mahal dari tang yang lain.untuk lebih nyamannya memang kita pakai tang pelurus kawat mba, kalau pakai selotip tidak permanen.selotipnya kalau robek malah lemnya nempel di kawat :(
    untuk tang memang kalau beli tang murah dengan kondisi pegangannya di lapisi karet keras, kemungkinan kalau lama2 di pake karetnya longgar dan turun dari pegangan.
    yach... sebaik mahal akan semakin mantap pegangan nya dan makin ramah sama kulit kita alias nggak bikin kapalan.

    BalasHapus

Pinterest

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...