Sabtu, 09 April 2011

Free Tutorial cara membuat bros bunga dari manik pasir

saya memebuat tutorial ini sebagai salah satu bagian dari materi di kelas membuat aksesoris di BLKI, bros ini adalah materi yang cukup mudah untuk di pelajari. maka dari itu saya menaruh materi ini di awal dari semua materi bros yang di pelajari di sana.

semoga bisa berguna juga buat teman2 yang mampir ke blog ini

Bismillahirohman Nirohhim

Yuks kita lihat cara membuatnya

Bahan2 yang di gunakan



1.  Sarangan Bros ukuran 2cm, sarangan dengan atau tanpa klep.
2.  Manik2 mutiara sintetis ukuran 8mm
3.  Manik2 mutiara sintetis ukuran 6mm
4.  Kawat ukuran 0.4mm
5.  Tang
6.  Manik pasir/payet
7.  Meteran/penggaris
8.  Lem merek alteco jika di perlukan



langkah-langkahnya:

Langkah 1

Potong kawat sepanjang 30-40cm.Masukan kawat dari bagian bawah sarangan bros,sisakan 3-2,5 cm di bawah sarangan.kawat di masukan ke lobang di baris ke 2 dari sarangan.









Tahan sisa kawat yang kita sisakan di bawah sarangan dengan jari,kemudian mulai  menjahit kawat ke lobang terdekat, ketika posisi kawat sudah berada di bawah sarangan masukan kembali kawat ke lubang pertama tempat kita memasukan kawat pertama kali.pilin sisa kawat yang berada di bawah sarangan agar posisi kawat tidak longgar, maka kemudian kita siap untuk menjahit manik2.



Langkah ke 2







Mulai membuat kelopak bunga dengan cara masukan manik2 pasir melalui ujung kawat sepanjang 3.5cm-4cm.setelah itu masukan kawat ke lobang ke tiga di baris yang sama (lihat gambar di atas). setalah kawat berada di bawah sarangan bros tarik kembali kawat ke atas sarangan melalui lubang diantaranya yang belum terisi manik pasir.kemudian Mulai mengisi manik pasir kembali, dengan cara yang sama.



Langkah ke 3

setelah langkah kedua berhasil dilakukan, ulangi langkah tsb sampai seluruh lobang di baris yang di gunakan terisi penuh kelopak  manik2 pasir yang akhirnya kelopak2 tsb akan membentuk bunga pasir.








nah...seperti ini maksudnya.... : )





langkah ke 4


Setelah kelopak bunga terbentuk sempurna. Maka saatnya mem kita buat putik bunga dengan cara mengisi bagian tengah dari sarangan bros.caranya posisikan kawat di salah satu lubang yang masih kosong di baris ke 3, jahit manik2 mutiara jeruk sintetis ukuran 10mm di tengah sarangan bros,kita lakukan itu agar aksentuasi putik bunganya terlihat lebih cantik. kemudian isi sekeliling dari lubang yang tersisa dengan manik2 mutiara sintetis ukuran 6mm.lakukan terus hingga tidak terisa lubang kosong di dalam sarangan.


nah ... kaya gini deh jadinya...mudah dan sangat simple kan.







Langkah ke 5

langkah terakhir ... adalah memasang bagian belakang bros alias penitinya. FYI, tuk teman2 yang biasa menggunakan sarangan bros dengan klep, itu mudah bgt tinggal mengunci klepdan sarangan dengan tang datar di belakang bros.
Sedangkan jikan teman2 tidak mendapatkan sarangan bros yang dengan penutup ber klep. Jangan panik...cukup gunakan bantuan lem untuk mengunci sarangan dengan penitinya.
Lem yang di gunakan lem apa? bisa lem tembak...atau lem besi. tuk lem besi dengnan catatan ... menggunakannya harus hati2 (karena kalau kena tangan bisa bahaya lho!)...mengelem nya dengan sabar bgt.
maksudnya lem bagian atas terlebih dahulu posisikan sarangan dlm posisi berdiri. setelah lem bagian atas kering, baru deh lem yang bagian bawah. dengan begitu bros kita akan aman dari aliran lem yg bisa merusak kecantikannya...dan pastinya akan jadi lebih rapi lho....

Silahkan di coba... semoga berguna

PS : bahan bisa di dapatka di http://fillyawie.multiply.com
Be First to Post Comment !
Unknown mengatakan...

iiiii suka banget bros nya, kebetulan saya juga lagi bingung nih sis mau bikin souvenir sendiri buat acara wedding nanti hehe.. thanks tutorialnya ya sis, langsung cuss bikin ahhh :D

http://naziezie.blogspot.com/

Posting Komentar

Custom Post Signature

Custom Post  Signature