Kamis, 18 Agustus 2011

Cara membuat kalung manik (Necklace Tutorial)

Assalammulaikum teman2,

kali ini saya ingin share tentang cara membuat kalung dari manik kaca, manik kaca salah satu material yang sangat saya sukai dalam membuat berbagai macam aksesoris.

Tahukah teman2, menurut banyak artikel yang saya baca bahwa seni membuat manik kaca merupakan salah satu hasil seni yang tertua yang di catat dalam sejarah.  Seni membuat manik2 dari kaca telah tercatat dalam sejarah Bangsa Romawi bahkan di tulis juga telah ada semenjak peradaban tua di Mesir. ckckck... berarti ini adalah karya seni warisan nenek moyang : )

Manik kaca itu sendiri terdiri dari berbagai macam ukuran,bentuk dan di buat dengan berbagai macam tehnik pembuatan. manik kaca yang paling terkenal adalah yang manik kaca dari Czech Republic, manik kaca dari tempat tersebut terkenal mempunyai kualitas yang terbaik dan pastinya harga jualnya pun sangat lah tinggi. kalau tidak salah di Indonesia produsen manik kaca banyak terdapat di daerah Jombang, Jawa Timur. Manik kaca yang di buat oleh pengrajin dalam negri juga tidak kalah keren lho bahkan namanya sudah melanglang buana sampai ke luar negri. Selain ragam dan macam yang bervariasi manik kaca dalam negri juga pastinya bisa kita dapatkan dengan harga yang lebih terjangkau. semua kembali ke selera dan design yang akan teman2 buat.

Mari kita mulai project membuat kalung dari manik kaca ... ayo...

Peralatan dan bahan yang di gunakan :

Gunting, Senar, lem, kodokan (shell end), Manik kaca berbentuk bulat diameter 1.5cm dan Manik kaca kotak diameter 2 cm, ring ukuran 0,5mm dan 1 cm dan lobster claps.















Caranya : 

Langkah I. 














































Potong senar sepanjang 60 cm, setelah itu mulai masukan manik kaca satu persatu ke dalam senar hingga  senar terisi oleh manik kaca. saya mengisi manik kaca kotak di selingi oleh manik bulat dengan diameter yang sama agar terlihat lebih manis.

Langkah ke II





















































Setelah mendapat panjang kalung sesuai dengan yang di inginka, kemudian lanjutkan dengan memasang kodokan di kedua sisi ujung senar. pertama2 masukan kodokan (shell end) ke salah satu ujung senar tsb.untuk mengunci senar agar senar tidak bergeser atau lepas dari kodokan, kita bisa menggunakan stopper, caranya masukan stopper ke dalam senar kemudian pipihkan stopper menggunakan tang datar sampai rangkaian manik2 tertahan oleh kodokan dan stopper. Baru kemudian gunting senar yang masih tersisa dan  tutup kodokan menggunakan bantuan tang seperti gambar di atas. (cara yang sama seperti yang pernah saya ajarkan di materi cara membuat gelang dari kawat bros disini )
Tapi jika anda tidak mempunyai stopper,  teman-teman bisa menggunakan bantuan lem. Dengan cara setelah senar di masukan ke dalam lubang kodokan ikat ujung senar sebanyak 2 kali. pastikan ikatan berada persis di dalam kodokan. jangan sampai ikatan berada di luar kodokan, karena jika hal tersebut terjadi kalung yang kita buat akan terlihat kurang rapi, dan rangkaian manik2 akan terlihat longgar. baru kemudian bubuhi ikatan yang ada  dengan lem.baru kemudian tutup kodokan.

Langah ke III

















Setelah kodokan terpasang masukan ring ukuran o,5 mm ke dalam lubang kodokan dan sambungkan dengan ring ukuran 1 cm kedalamnya.Sedangkan untuk sisi senar yang satunya di masukan ring kemudian kaitkan dengan kaitan (lobster claps)




















 Nah kalau kedua ujung senar sudah terpasang kaitan dan ring, maka kalung siap di pakai.

 Selamat mencoba teman2 ... semoga bisa berguna dan bisa mengispirasi teman-teman untuk membuat produk handmade lebih banyak lagi ... hidup handmade !!!

Salam dari penulis


How do my mustache looks ... ho ho ho

 
Be First to Post Comment !
Unknown mengatakan...

Hy..salam kenal..bagus ya kalungnya,,sama kamu ada jual bahannya gak??, pengen buat juga..mampir balik ya

fillyawie mengatakan...

Dear Mba Lia,
untuk penjualan material berupa macam2 bahan manik2 silahkan mampir ke http://fillyawie.multiply.com ya..
Untuk membuat kalung spt ini bisa menggunakan berbagai macam material dr manik kaca,batu sampai akrilik, semua kemabali ke selera masing2 : )
mba lia blognya apa yach...saya coba dr profile comment di atas tidak bisa tuh mba.

'ainina janani mengatakan...

makasih mbak,,aku jadi tambah pengen buat kalung nih.. klo beli alat2nya dmn ya mbak ??

fillyawie mengatakan...

Hi, ainina ... yuks di praktekan tutorialnya. tips untuk yang pertama kali membuat kalung mengunakan senar, kodokan dan stopper. adalah harus extra sabar, ketika proses menekan stopper dengan tang. karena walaupun stopper itu besarnya hanya sebesar beras. tapi kerasnya minta ampun, jadi harus beneran pake tenaga. biar stoppernya bener2 gepeng dan mematikan senar.juga perhatikan ketika menutup kodokan, karena kualitas kodokan yng berwarna silver ini keras tapi fragile. klo terlalu semangat nutupnyya malah bisa patah.he he he panjang ya penjelasannya. untuk alat ada di http://fillyawie.multiply.com

Unknown mengatakan...

Mbak klo beli sodokan sma stoppernya bisa?
Susah carinya klo di medan. Thx b4:)

fillyawie mengatakan...

hi ayu, maaf ya late response nihhh. Kodokan yach maksudnya. he he he klo belinya dikit ajah, sih bisa yu.biasanya di jualnya per gram,isinya luyaman banyak juga qo. Thank u ayu sudah mampir ke Fillyawie

Christia mengatakan...

Hallo, salam kenal. Mau tanya lem yang digunakan untuk manik manik jenis dan nama mereknya apa yah?

Tks.

fillyawie mengatakan...

cristia, lem yang biasa saya gunakan untuk mengencangkan ikatan senar lem uhu,power glue atau e 6000. semua itu bisa di gunakan di atas ikatan senar (baik senar biasa maupun senar). basically, untuk senar ukuran yang paling kecil atau paling tipis, ga perlu di lem juga nggak apa2 asal di kunci kodokan ya.tapi untuk senar yg ukurannya lebih tebal dan lebih kaku. saya biasa menambahkan bubuhan lem di ikatannya, biar lebih mantab ikatannya. selain itu kalau di pakai untuk merangkai batu atau manik kaca, kan lumayan berat2 tuh.jadi di lem lagi deh. semoga membantu ya : )

Jualan Batik mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Mas Sugeng mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Posting Komentar

Custom Post Signature

Custom Post  Signature